BPS selalu berusaha memperhatikan kebutuhan konsumen
terhadap kualitas data dan pelayanan yang diberikan. Kualitas data dan
pelayanan tersebut dapat digambarkan oleh tingkat kepuasan konsumen. Oleh
karena itu, dipandang perlu untuk mengidentifikasi kebutuhan dan kepuasan
konsumen terhadap kualitas data dan pelayanan BPS sebagai bahan evaluasi
penyelenggaraan pelayanan publik di BPS.
Identifikasi kebutuhan dan kepuasan konsumen terhadap
kualitas data dan pelayanan BPS dilakukan melalui kegiatan Survei Kebutuhan
Data (SKD). Sesuai dengan Peraturan Kepala BPS No. 99 Tahun 2014 tentang Penyelenggaraan
Survei Kebutuhan Data di Lingkungan Badan Pusat Statistik, tujuan SKD adalah mendapatkan
bahan evaluasi dari pengguna data dan pengguna layanan BPS sebagai pendukung
untuk peningkatan kualitas data dan informasi statistik, serta peningkatan
pelayanan yang diberikan. Ketersediaan data dan informasi statistik yang
dibutuhkan oleh pengguna data perlu dikaji demi menciptakan data dan informasi statistik yang berkualitas
serta mencapai visi BPS sebagai pelopor data statistik terpercaya untuk semua.
Dalam pelaksanaan SKD BPS Kabupaten Solok Selatan Responden yang menjadi cakupan dalah para konsumen data BPS Kabupaten Solok Selatan yang menerima pelayanan dari unit PST BPS pada kurun waktu 1 Januari 2020 sampai periode akhir pencacahan yaitu pada tanggal 30 September 2020.
Pelaksanaan pencacahan SKD Pada Tahun 2020 ini terdiri dari dua metode yaitu pencacahan manual dan elektronik (online). Pencacahan Manual disebut juga secara konvensional, yaitu pencacahan yang dilakukan dengan melakukan wawancara dengan konsumen data menggunakan kertas dan pensil. Sedangkan Metode elektronik (online) yang dilakukan Computer Assisted Web Interviewing (CAWI) pada garis besarnya terdiri dari :
- Online-Email, yaitu
responden melakukan pengisian kuesioner VKD20 melalui link yang dikirimkan melalui e-mail.
- Online-PST, yaitu
responden melakukan pengisian kuesioner VKD20 melalui form entri pada web browser komputer di unit PST.
- Online–Link, yaitu
responden melakukan pengisian kuesioner VKD20 melalui link yang diperoleh dari aplikasi layanan statistik BPS.
Diharapkan para konsumen data ikut memberikan data sebagai evaluasi bagi BPS dalam rangka peningkatan kualitas pelayanan kepada Konsumen data.